Warkop TB15

video_20211230_114925.mp4

Kisah Perjalanan Project Warkop TB15

Kami membuat rencana survey objek dengan beberapa kriteria yang sudah di tentukan. Nah, salah satunya itu lokasi yg strategis, ada tiga objek UMKM yang ingin kami tuju diantaranya : Warkop TB 15, Jakarta Coffee House, Kopi Tentang Kita, setelah mempertimbangkan beberapa hal tim kuliner 2 menentukan kegiatan Amazing Challenge di Warkop TB 15, yang jadi pertanyaannya kenapa kami memilih Warkop TB 15? Oke, ada beberapa faktor yang menjadi kriteria usaha UMKM yg akan menjadi Amazing Challenge kelompok kuliner 2 yg dimana hal yg kami pertimbangkan yaitu:

  • Studi Kelayakan Bisnis

Dari analisis tim kami Warkop TB 15 layak untuk dikembangkan lebih baik lagi, karena melihat Warkop TB 15 sudah bertahan selama 7 tahun lebih, dan satu-satunya warkop yang sederhana serta merakyat dengan lokasinya strategis di Taman Bungkul.

  • Peluang Usaha

Melihat dari lokasi yang cukup strategis maka peluang usaha Warkop TB 15 sangat menguntungkan karena lokasinya bertepatan di Taman Bungkul Surabaya yang selalu ramai dan banyak para wisatawan yang datang untuk sekedar bersantai. Bukan hanya itu saja lokasi Warkop TB 15 dikelilingi perkantoran dan Hotel yang pasti bisa menjadi target pasar pada Warkop ini.

  • Keuangan Bisnis

Setelah melalui wawancara dengan owner Warkop TB 15 ternyata keuangan bisnis belum di catat sesuai dengan SOP dalam bisnis. Nah, alasan ini juga yang membuat tim kuliner 2 tertarik untuk memperdalam ilmu owner dan sama-sama belajar bagaimana pencatatan keuangan bisnis yang baik untuk kedepannya.

  • Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran disini kami memanfaatkan Warkop TB 15 sebagai Warkop yg sederhana,ramah di kantong dan pastinya cocok untuk bersantai, mengapa kami katakan demikian, karena daerah wisata Taman Bungkul hanya Warkop TB 15 yg sederhana dan menjadi saya tarik sendiri untuk para pengunjung ataupun orang kantoran yg lalu lalang disekitar Taman Bungkul Surabaya, melihat hal ini pastinya dibutuhkan strategi yg lebih baik juga untuk perkembangan Warkop TB 15.

Ada beberapa kegiatan Amazing Challenge yang kami lakukan diantaranya

  1. Merapikan tampilan Warkop TB 15 (pembuatan banner, daftar menu, dan pamplet pendukung)

  2. Mengedukasi mengenai proses pembukuan sederhana dan edukasi mengenai protokol kesehatan.

  3. Menata tampilan display.

  4. Menyarankan tambahan menu dan SOP (misalnya warkop buka jam berapa dan tutup jam berapa)

  5. Membantu branding di sosial media.

Inilah Challenge kami di Warkop TB 15 yang akan membantu dan belajar dari Warkop tersebut untuk lebih baik lagi kedepan.

Kegiatan Di hari Pertama

Survey beberapa lokasi dan menemukan Warkop TB 15 sebagai tujuan kegiatan Amazing Challenge kelompok kuliner 2.

Kegiatan Di hari Kedua Amazing Challenge

  • Kegiatan pertama diawali dengan survei langsung ke warkop TB 15

  • Dilanjutkan dengan pembelian barang modal seperti mangkok dan asbak rokok dan bahan baku seperti indomie, kopi sachet.

  • Kemudian dilanjutkan lagi Penyerahan barang modal yang telah dibeli kepada owner Warkop TB 15

  • Membuat akun sosial media untuk branding Warkop TB 15.

Kegiatan Hari Ke Tiga Amazing Challenge

  • Mencari Pelanggan untuk singgah di Warkop TB 15.

  • Kegiatan membantu melayani pelanggan Warkop TB 15 pada hari ini.

  • Kegiatan menata tampilan Warkop TB 15

  • Pemasangan kabel listrik di meja warung.

  • Kegiatan memberikan edukasi dalam pembukuan keuangan dari pemasukan dari warkop TB 15 serta pemanfaatan Sperdsheet untuk pemantauan catatan keuangan dari kejauhan.

  • Kegiatan pengadaan dalam percetakan banner dan daftar menu TB 15

  • Kegiatan branding instagram dan sosial media lainya

  • Kegiatan explorasi untuk mengangkat nama warung kopi TB 15 dengan cara branding lingkungan sekitar (Taman Bungkul)

  • Kegiatan survey konsinasi untuk mengadakan makanan di warkop tb 15.

Kegiatan Hari Ke Tiga Amazing Challenge

  • Pemasangan Spanduk dan Daftar Menu Warkop TB 15

  • Memperkenalkan Taman Bungkul untuk menaikkan Branding Warkop TB 15.

  • Menata Ulang Warkop TB 15 kembali.

  • Membuat Video Promosi Di teel Instagram Warkop TB 15.

  • Membuat Video testimoni kegiatan acara ini oleh Owner Warkop TB 15.

  • Peninjauan pembuatan buku kas keuangan dan penggunaan google spreadsheet.

Nah begitulah kegiatan yang kami lakukan di Amazing

Challenge di kota Surabaya yang diadakan oleh KSE ENTERPRENEUR ACADEMY CAMP 2021, ada banyak hal yg kami dapat dalam kegiatan ini semoga ilmunya dapat dikembangkan lagi setelah mengikuti program yang sangat luar biasa ini.... Terima Kasih kami ucapkan kepada Beasiswa Karya Salemba Empat dan Give2Asia yg telah memberikan kami kesempatan untuk melatih menjadi entrepreneur yg sukses kedepannya.