Amazing Race

Senin, 6 Juni 2022

Acara pembukaan secara resmi mengawali seluruh kegiatan selama 7 hari dimana fasilitator memberikan penjelasan tentang konsep dan mekanisme kegiatan Amazing Race.

Fasilitator membentuk perusahan induk menggunakan kontrak sebagai dasar hukum, kemudian membentuk 12 anak perusahaan yang terdiri dari 3 orang peserta. Setiap peserta menyetorkan modal usaha berupa produk dari usaha pribadi peserta. Modal usaha yang disetorkan dihitung dan dikonversi persentase kepemilikan saham atas perusahaan tersebut. Persentase saham ini akan menentukan pembagian keuntungan atau kerugian perusahaan. Dalam pembentukan anak perusahaan ini juga didasarkan pada kontrak.

Setelah itu, setiap perusahaan mengadakan rapat untuk menentukan struktur organisasi perusahaannya, siapa yang bertindak sebagai direktur utama, direktur keuangan, dan direktur operasional. Kemudian peserta juga membahasa strategi yang akan mereka lakukan untuk esok hari.


Selasa, 6 Juni 2022

Semua perusahaan terjung langsung di kota Tangerang Selatan untuk menjalankan bisnis, dengan menawarkan dan menjual produk masing-masing. Perusahaan memiliki target penjualan dan dibebankan sejumlah biaya operasional oleh perusahaan induk.

Setiap transaksi yang muncul harus dicatat ke dalam sistem dan dipantau oleh perusahaan induk secara langsung. Secara berkala perusahaan induk meminta laporan sementara dan membangkitkan semangat para perusahaan.

Pada malam hari setiap direktur utama anak perusahaan memberikan laporan keuangan kepada perusahaan induk. Penilaian kinerja anak perusahaan diberikan dan diambil beberapa keputusan antara lain:


Rabu, 6 Juni 2022

Di pagi hari seluruh peserta berpindah ke Bogor untuk mengikuti acara seremonial Yayasan KSE bersama donatur dan melaksanakan pameran produk usaha.

Setelah kegiatan tersebut peserta kembali melanjutkan Amazing Race di sekitar hotel tempat acara berlangsung.


Kamis, 6 Juni 2022

Untuk hari keempat ini, tidak seperti hari sebelumnya yang kebanyakan peserta mengelilingi area Kebon Raya Bogor, kali ini peserta kebanyakan menyebar di alun-alundan Istana Bogor. Dengan demikian, jangkauan peserta dalam memperoleh peluang dan targetpun semakin tinggi karena kedua area tersebut termasuk area yang ramai dikunjungi wisatawan baik dari luar maupun penduduk lokal Kota Bogor.

Sesuai dengan namanya ‘Kota Hujan’, ditengah semangatnya peserta pada hari ini, ternyata hujan juga dengan semangatnya membasahi area Kota Bogor dari siang hari hingga sore hari sehingga membuat peserta tidak bisa memaksimalkan penjualan pada hari ini. Namun peserta tidak kehabisan akal. Ditengah hujan yang melanda, peserta memanfaatkan media sosial untuk menawarkan barang dagangannya sehingga pada hari ini penjualan juga terus dilakukan secara online maupun offline.

Dimalam harinya, holding mengapresiasi kerja keras mereka pada hari ini. Masing-masing PT diberikan apresiasi uang Rp100.000,- sampai dengan Rp600.000,- sesuai dengan urutan kinerja terbaik setiap PT. Dengan demikian, malam ini ditutup dengan hari yang membahagiakan bagi peserta untuk lebih bersemangat dihari esok dalam mencapai target perusahaan.


Jumat, 6 Juni 2022

Antusias para peserta Entrepreneur Academy (EA) Camp cukup tinggi melihat dari peforma mereka pada saat pagi hari yang aktif berjualan secara langsung melakukan (direct selling) secara door-to-door dengan terjun langsung kepada masyarakat (customer) di sekitar area antara range yang dimana jaraknya 3 – 10 km dari tempat acara Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) di Bogor Valley Hotel, Kota Bogor, Jawa Barat.

Terdapat beberapa kelompok dari anak perusahaan yang dibentuk oleh holding dengan terbagi menjadi 3 – 4 orang dalam satu perusahaan yang juga telah melakukan akuisisi dari sebagian anak perusahaan lainnya hingga menjadi 12 – 14 orang dalam satu kelompok anak perusahaan yang dibentuk. Kemudian melakukan berbagai strategi marketing yang telah dipelajari oleh mereka dari para mentor (suhu utama) dan juga para officer (suhu pendamping) mengenai bagaimana caranya menjual dengan baik secara cepat dan tepat sasaran.

Kegiatan pada siang hari para peserta mendapatkan beberapa materi oleh Bapak Satriadi Indramawan sebagai salah satu founder KSE tentang “Semangat Kemandirian” dalam berwirausaha untuk mengelola bisnis dengan baik agar terus termotivasi dengan bertumbuh secara signifikan dalam membangun karakter pribadi yang berjiwa entrepreneurship secara independent.

Seperti pada aktifitas biasanya di malam hari melaksanakan review hasil amazing race dengan melaporkan pencatatan keuangan oleh direktur keuangan di spreadsheet excel yang telah disediakan oleh holding. Kemudian ada beberapa coaching session dengan para mentor (suhu utama) dan sharing dengan suhu lainnya atau alumni dari KSE EA Camp sebelumnya.

Coaching merupakan bentuk dukungan pembelajaran untuk para penerima beasiswa KSE yang mengikuti acara Entrepreneur Academy (EA) Camp Batch 6 Tahun 2022 ini demi membantu mereka dalam meraih tujuan profesional untuk menentukan strategi yang kuat dalam menjalankan bisnisnya dengan baik.


Sabtu, 6 Juni 2022

Pertualangan survive para peserta Amazing Race Entrepreneur Academy Batch 6 Tahun 2022 masih berlanjut hingga hari Sabtu, 11 Juni 2022. Hari ke-5 ini merupakan kegiatan survive Amazing Race terakhir. Sedikit berbeda waktu yang diberikan holding untuk Amazing Race hari ini, peserta bergerak menjual barang modalnya mulai pukul 07.00 WIB ampai dengan pukul 15.00 WIB. Artinya, peserta hanya punya waktu sekitar 8 jam untuk mengejar target omzet yang telah ditentukan.

Target omzet di hari terakhir ini berbeda setiap perusahaannya. PT Muda Kreatif Sukses Bersama dan PT Catra Kencana Saloka Jaya sama-sama memiliki target omzet yang ditentukan holding sebesar Rp6.000.000. Sedangkan, PT Rezeki Bersama Acnulame dan PT Optimis Jaya Semangat Baru masing-masing memiliki target omzet sebesar Rp4.000.000. Perbedaan target omzet ini diberlakukan karena mempertimbangkan jumlah karyawan yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Pada hari ke-5 ini para peserta Entrepreneur Academy Batch 6 diberi muatan materi tentang “Fotografi Produk” oleh suhu Bambang Heryanto. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Inilah alasan mengapa kegiatan Amazing Race hari ini hanya berlangsung selama 8 jam saja.

Selanjutnya, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terakhir kali dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 mulai pukul 19.00 WIB. Pada rapat tersebut, holding melakukan rekapitulasi pendapatan selama 5 hari Amazing Race dilaksanakan. Tercatat omzet yang diperoleh adalah sebesar Rp55.683.500. Adapun rinciannya adalah sebegai berikut, hari pertama Rp19.995.290, hari kedua Rp8.591.000, hari kedua Rp14.338.500, hari keempat Rp3.787.500, dan hari kelima Rp10.715.625.

Berdasarkan kesepatakan, holding akan mengembalikan seluruh barang modal yang terjual dengan konversi uang tunai rupiah kepada peserta. Tercatat seluruh barang modal yang terjual berjumlah berkisar 45jtaan. Sisa pendapatan yang diperoleh berkisar 9jtaan. Tak luput di akhir pertemuan rapat, holding secara resmi menutup kegiatan Amazing Race Entrepreneur Academy Batch Tahun 2022.


Minggu, 6 Juni 2022

Setelah ditutup kegiatan amazing race semalam, pada pagi harinya semua peserta mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan donatur UBS, tak hanya itu peserta juga dibekali Financial Management oleh team UBS, yang hadir pada hari itu ada Bapak Joshua Tanja, Bapak Igor Putra, Bapak Arsyal Sakti, Ivan Reynaldo Sutheja dan Masayu Susilo.

Coaching Financial Management tersebut merangkum bagaimana cara untuk mengatur keuangan pada bisnis, mulai dari cara menghitung biaya operasional sampai kiat untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank. Setelah itu, peserta dibagi menjadi 5 kelompok untuk business coaching bersama masing-masing team UBS, peserta diminta untuk sharing usaha yang sedang mereka jalani dan peserta juga dapat meminta saran, jika ada kendala pada bisnis yang mereka jalani sekarang. Setelah business coaching selesai, team UBS diarahkan kepada pameran produk-produk peserta EA. Produk ini dibawa langsung oleh semua peserta yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya ada kuliner, tas, lilin aroma therapy, dan lain-lain.

Rangkaian acara terakhir yaitu penutupan seluruh camp (EA, CL, dan TFI) yang ditutup langsung oleh Bendahara KSE, yaitu Bu Ami Tantri. Diikuti oleh perwakilan dari masing-masing peserta camp EA, CL dan TFI untuk melepas kokarde, tanda bahwa camp telah usai dan dibagikannya sertifikat kepada masing-masing peserta.

Berakhirnya kegiatan EA Camp ini, diharapkan dapat membawa semangat capaian baru bagi para peserta untuk terus berinovasi dan dapat menciptakan peluang-peluang pada bisnis yang mereka jalani. Terima kasih para donatur Yayasan Karya Salemba Empat.